3 Cara Pasang WiFi Sendiri di Rumah tanpa Batasan Kuota

Umumnya, penggunaan gadget atau smartphone kini membutuhkan koneksi internet setiap saat agar bisa saling terhubung satu dengan yang lain. Oleh karena itu, saat ini kuota internet sangat laris di pasaran karena dibutuhkan untuk aktivitas dunia digital setiap hari.

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara pasang WiFi sendiri di rumah tanpa batasan kuota. Biasanya kita membeli kuota internet dengan kuota terbatas sesuai dengan paket yang kita beli. Akan tetapi, kita tentu kurang leluasa karena kuota dapat habis atau terbatas.

Di era sekarang ini juga kita membutuhkan koneksi internet yang cepat, pada beberapa kasus koneksi internet dari perangkat hp saat di rumah biasanya lebih lemot dibandingkan dengan di perkotaan. Nah, pasang WiFi di rumah adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

3 Cara Pasang WiFi Sendiri di Rumah

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar kamu dapat memasang WiFi sendiri. Penasaran cara pasang WiFi sendiri di rumah unlimited murah itu bagaimana? Ada 3 metode yang saat ini bisa digunakan. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Pasang WiFi Sendiri dengan Modem tanpa Batasan Kuota

pasang wifi sendiri dengan modem tanpa batasan kuota

Cara pasang WiFi sendiri yang pertama adalah dengan memanfaatkan produk MiFi. Kamu bisa membuat WiFi sendiri dengan menggunakan alat menghubungkan ke internet, salah satu alat yang populer digunakan saat ini adalah modem tanpa kabel (Wireless) seperti MiFi.

Produk ini merupakan modem portable yang cukup populer dan tersedia dengan beragam pilihan. Hingga saat ini ada produk MiFi Telkomsel, Smartfren hingga XL. Ketiga produk tersebut menawarkan konektivitas 4G sehingga kecepatannya tentu lebih baik dibanding dengan modem standar.

Kemudian untuk paket internet nya, saya merekomendasikan menggunakan SIM Card by.U dari Telkomsel untuk dijadikan WiFi tanpa batasan kuota (unlimited).

Kenapa by.U? Karna tersedia paket internet unlimited, harganya cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 150.000. Kecepatan tertinggi mencapai 2Mbps, cukup untuk koneksi internet rumahan.

Alat yang dibutuhkan untuk pasang WiFi sendiri di rumah dengan modem yaitu:

  • MiFi (Harga baru mulai 600-900 ribuan, harga bekas sekitar 300 ribuan)
  • SIM Card by.U (Beli kartu+paket unlimited sekitar 150 ribu)

Berikut cara pasang WiFi sendiri di rumah tanpa batasan kuota menggunakan modem:

  1. Pertama siapkan SIM Card by.U yang sudah dibelikan paket unlimited. Kamu bisa membelinya di Shoope atau Tokopedia.
  2. Jika sudah ada, masukkan kartu by.U ke MiFi.
  3. Aktifkan MiFi hingga sinyal WiFi aktif dan tersebar ka area rumah.
  4. Selamat, kamu sudah berhasil memasangt WiFi sendiri di rumah.

Baca juga : Cara Menyambungkan WiFi ke Komputer

2. Pasang WiFi dari ISP

Jika cara pasang WiFi sendiri di rumah menggunakan modem tidak cukup untuk kebutuhan kamu, maka solusinya adalah menggunakan internet unlimited dari ISP seperti Indihome dan provider internet lainnya. Biayanya memang lebih besar, tetapi dengan ini kita dapat internet yang lebih cepat dan bebas menggunakan internet di rumah tanpa memikirkan kuota akan habis.

Nah, kalau kamu membutuhkan ISP untuk di rumah, berikut adalah daftar Provider WiFi terbaik yang ada di Indonesia yang bisa kamu panggil ke rumah:

  1. IndiHome
  2. First Media ( Fast Net )
  3. Biznet Home
  4. MyRepublic
  5. MNC Play
  6. Hi-speed Transvision
  7. CBN
  8. Megavision
  9. Groovy

Bagaimana cara memasang WiFi sendiri di rumah menggunakan layanan ISP?

Menurut pengalaman, yaitu dengan cara menghubungi pihak jasa penyedia layanan internetnya, bisa dengan menghubungi via email, telefon, atau WA. Kontak penyedia layanan internet tersebut terdapat di website penyedia layanan tersebut yang nanti bisa kalian hubungi melalui website tersebut.

Setelah itu silakan kalian tanya tentang paket yang tersedia di pihak penyedia internet itu, biasanya dengan kecepatan internet yang berbeda. Nanti kalian akan ditanya daerah rumah atau tempat yang akan dipasangi WiFi tersebut karena tidak semua tempat bisa dihubungkan. Seperti daerah terpencil itu daerah yang sangatlah sulit untuk dipasangi WiFi.

Waktu yang dibutuhkan dalam pemasangan WiFi tak lebih dari satu hari apabila jangkauan tiang listrik dekat. Berbeda dengan daerah terpencil yang memungkinkan sulit untuk memasang WiFi karena perlu menarik kabel fiber dari tiang listrik yang ada dan itu pun pasti jauh.

Setelah semua terpasang maka proses instalasi akan dilakukan dan kalian akan diberikan tata cara penggunaan mulai dari menyalakan dan mematikan WiFi, mengganti password, hingga membayar tagihan dan lain sebagainya secara lengkap.

3. Pasang Tower Internet

Jika rumah kamu jauh dari jangkauan jaringan Biznet, IndiHome maupun provider internet yang lainnya, kamu bisa memasang tower internet. Salah satu contohnya kamu bisa memanfaatkan ISP tower internet dari CitraNet.

Tower ini adalah menara yang dipakai untuk memasang alat pemancar atau antenna agar daerah kamu menjangkau gelombang telekomunikasi seperti internet.

Namun pemasangan tower internet ini hanya dapat dilakukan jika ada tower triangle atau tower internet di daerahmu. Terlebih, pemasangan tower internet ini juga cenderung lebih mahal dibanding memasang WiFi yang disediakan IndiHome, Biznet dan provider lainnya.

Baca juga : Cara Nembak WiFi Jarak Jauh

Akhir Kata

Itulah beberapa pilihan cara pasang WiFi sendiri di rumah tanpa batasan kuota yang bisa kamu coba. Sudah terpikirkan mau mengguankan cara yang mana? Kalau saya sudah jelas lebih memilih cara pertama karna lebih praktis dan murah, cukup mengeluarkan biaya awal yang lumayan besar untuk membeli perangkat MiFi, berikutnya tinggal bayar paket internet bulanan saja.

Seorang Blogger yang memiliki ketertarikan di bidang teknologi (gadget), game, media sosial dan internet. Hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan yang bermanfaat melalui tulisan.

Leave a Comment